oleh

Sinergi Pemkab Kaur dan Poltekpar Palembang: Membangun Masa Depan Pariwisata yang Gemilang

Bengkulu, KaurMaklumatmedia.com, Sebuah lompatan progresif telah diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kaur dalam upaya memajukan sektor pariwisata. Langkah ini diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Pariwisata Palembang, yang menandai babak baru dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang ini.

Acara penandatanganan yang berlangsung pada tanggal 29 April 2024 di Ruang Rapat Bupati, dihadiri oleh Bupati Kaur, H. Lismidianto, SH, MH, bersama Direktur Politeknik Pariwisata Palembang, Iwan Riady, S.Sos., M.SI, CHE. Turut menyaksikan momen penting ini adalah Sekretaris Daerah Kaur, Dr. Drs. Ersan Syahfiri, MM, para asisten, staf ahli, kepala OPD, dan kepala sekolah SMA/SMK/MA se-Kabupaten Kaur.

Bupati Kaur menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan langkah strategis dalam mendukung peningkatan SDM, dengan memberikan akses pendidikan kepada generasi muda terbaik di Kabupaten Kaur, terhitung mulai tahun ajaran 2024. “Inisiatif ini adalah wujud nyata dari implementasi tri dharma perguruan tinggi dan peningkatan potensi SDM lokal,” terang Bupati.

Direktur Poltekpar Palembang, Iwan Riady, menegaskan bahwa kerjasama ini akan menjadi katalis dalam memperkuat SDM Kabupaten Kaur di arena pariwisata. “Lulusan SMA/SMK atau sederajat di Kabupaten Kaur kini memiliki peluang emas untuk mengasah ilmu pariwisata di Poltekpar Palembang,” kata Iwan.

Sebagai institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Politeknik Pariwisata Palembang menawarkan empat program studi yang komprehensif, mencakup Pengelola Konvensi dan Acara (D4), Divisi Kamar (D3), Seni Kuliner (D3), dan Tata Hidang (D3).

Sekda Kaur, Dr. Ersan Syahfiri, menambahkan bahwa MoU ini bertujuan untuk mengasah dan mempersiapkan sumber daya generasi mendatang di bidang pariwisata. “Kita berlimpah potensi yang harus digali dan dikelola dengan profesionalisme tinggi, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi daerah,” ucap Sekda.

Melalui kerjasama ini, diharapkan tidak hanya tercipta sinergi akademis, tetapi juga pelatihan praktis di bidang pariwisata, yang akan membekali SDM lokal dengan kemampuan mengelola kekayaan pariwisata Kabupaten Kaur secara efektif dan berkelanjutan.

Kemitraan ini diharapkan dapat memperkokoh infrastruktur pariwisata di Kabupaten Kaur dan membuka jalan bagi terciptanya peluang ekonomi baru yang berkesinambungan bagi komunitas lokal. (Li)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed